BERITA POPULAR

INFO JAWA TIMUR

Minggu, 29 Juli 2012

EKSPEDISI KE LUWENG JARAN


Luweng Jaran merupakan gua terpanjang di Indonesia, data terakhir yg masuk pada daftar gua terpanjang di dunia  Luweng Jaran terdaftar pada tahun 2002 dengan panjang total mencapai 24 km. Lokasi L. Jaran terletak di desa Jlubang, Kec. Punung, Pacitan, Jawa Timur. Ditemukan pertama kali oleh penduduk setempat, di eksplorasi pertama kali oleh tim Ekspedisi Gabungan Anglo - Australian, yg didampingi oleh Penelusur Gua dari Indonesia pada tahun 1984. Pada saat itu hasil pemetaan mencapai 11 km, kemudian ekspedisi dilanjutkan setiap 2 tahun sekali. Pada tahun 1992 kembali ekspedisi dapat menggabungkan Luweng Jaran dg Luweng Punung Plente, sehingga panjang total mencapai 19 km. Gua ini sangat berbahaya pada musim hujan, karena merupakan Swallow Hole atau tempat menghilangnya sungai permukaan ke dalam gua. Cukup banyak penelusur gua yg terjebak banjir di gua ini. Menelusuri gua ini diperlukan peralatan vertikal, sumuran pertama dg kedalaman 12 meter, sampai ke teras pertama dg jarak sekitar 25 meter sebelum mencapai sumuran kedua dg kedalaman 25 meter
setelah sumuran kedua, terdapat lorong yg sangat besar, mulai disini medan dapat ditempuh tanpa peralatan vertikal. Luweng Jaran dapat disebut sebagai gua labirin, karena lorongnya bercabang-cabang dan bertingkat. Disarankan untuk membawa peta gua atau meninggalkan marker supaya tidak tersesat dalam kegiatan penelusuran di gua ini.
Foto2 oleh : Ahmad "iyek" NS, Rambo, dab Satub



01. prepare di base camp
  

02.setting personal equipment
  

03.isi kalori sbelum eksplorasi
  

04.makan lagi. . .
  

05.proses pemasangan lintasan
  

06.menerawang. . .
  

07.lintasan siap digunakan
  

08.turun ke perut bumi
  

09.siap mendarat
  

10.peralatan dan perlengkapan
  

11.pemasangan lintasan di pitch 2
  

12.masih pemasangan lintasan di pitch 2
  

13.siap turun di pitch 2
  

14.flowstone yg cantik. . .
  

15.calcite floor
  

16.sodastraw stalactite
  

17.sodastraw 'n drip water
  

18.exentric
 1 Komentar 

19.flowstone belang
  

20.Pilar / Column dan Shield
  

21.calcite floor, drapery, microgours
  

22.cave catering
  

23.sodastraw, flowstone
  

24.beragam stalactit
  

25.'hutan' sodastraw
  

26.long sodastraw more than 30 cm
  

27.sinter flag
  

28.action
  

29.mutiara gua di cristal calcite
  

30.dripwater membentuk cave pearl
  

31.mutiara gua ( Oolith )
  

32.beacon draperies
  

33.drapery dan mutiara gua
  

34.snowy stalagmite
  

35.the team who exploring. . . .
  

36.rest a while
  

37.kolam dg cave pearl
  

38.dapur femina pindah ke gua
  

39.bo2 dulu ah. . .
  

40.siluet
  

41.nice girl. . .in beautiful cave
  

42.Entrance Luweng jaran
  

43.kluar dari perut bumi
  

44.akhirnya sampai juga. . .
  

46. the Twins . . .?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar